Mengenal Berbagai Macam Jenis Snare Drum

Harga Alat Drumband 1 Set – Ketika berbicara mengenai peralatan dan perlengkapan drumband, mungkin kanda sudah tidak asing lagi dengan Snare drum, dimana Snare drum merupakan atau yang dikenal sebagai drum tarik, adalah instrumen perkusi yang memiliki ciri khas tersendiri. Instrumen ini membawa daya tarik melalui fitur uniknya, yaitu adanya beberapa baris tali senar yang direntangkan melintang di membran bagian bawahnya. Senar tersebut dapat terbuat dari bahan kabel baja atau plastik, memberikan karakteristik suara yang khas dan unik.

Keunikan dari snare drum tidak hanya terletak pada tali senarnya, tetapi juga pada cara mereka memberikan warna dan nuansa pada penampilan musik. Suara yang dihasilkan dapat berkisar dari getaran halus hingga dentuman keras, memungkinkan snare drum untuk beradaptasi dengan berbagai genre musik.

Selain menjadi bagian utama dalam drum kit, snare drum juga sering menjadi fokus dalam penampilan drum solo. Keahlian seorang drummer dalam memainkan snare drum dapat menciptakan solo drum yang mengesankan, memperlihatkan keindahan dan kompleksitas dari instrumen ini.

Bicara lebih dalam mengenai snare drum, ternyata snare drums ini memiliki banyak jenis. Nah biar gak salah memilih, yuk kita berkenalan dengan berbagai jenis dari are drum

 

Ragam Jenis Snare Drum

Snare drum, atau sering disebut sebagai drum tarik, memegang peranan utama dalam dunia drumming seperti drumband guna menciptakan groove dan irama yang unik. Berbagai jenis snare drum hadir dengan karakteristik suara yang berbeda, memberikan opsi luas bagi para drummer untuk mengekspresikan diri sesuai dengan preferensi mereka. Berikut adalah beberapa jenis snare drum yang cukup populer

 

1. Snare Drum Kayu

Snare drum kayu, terbuat dari bahan seperti maple, birch, dan mahoni, menawarkan suara hangat dengan resonansi rendah. Drum ini umumnya menjadi pilihan dalam genre musik jazz dan pop, seringkali dipilih oleh drummer yang menginginkan nuansa suara yang natural dan kaya. Snare drum kayu memberikan sentuhan klasik yang cocok untuk musik yang lebih tradisional.

 

2. Snare Drum Logam

Berbeda dengan snare drum kayu, snare drum logam menghasilkan suara yang tajam dan kering. Terbuat dari baja, tembaga, atau aluminium, drum ini sering menjadi favorit dalam genre musik rock dan metal. Drum logam memberikan karakter suara yang kasar dan agresif, ideal bagi drummer yang ingin memukul dengan kekuatan ekstra.

 

3. Snare Drum Piccolo

Snare drum piccolo, dengan ukuran lebih kecil dan diameter sekitar 10 inci, menghasilkan suara yang sangat tajam dan kering. Seringkali digunakan dalam marching band dan drum corps, drum ini menonjol dalam situasi di mana kejelasan suara sangat dihargai. Ukurannya yang kompak membuatnya mudah diintegrasikan dalam formasi yang padat.

 

4. Snare Drum Hybrid

Snare drum hybrid adalah hasil dari kombinasi bahan seperti kayu, logam, dan plastik. Dengan karakter suara yang unik, drum ini memungkinkan drummer untuk mengeksplorasi berbagai nuansa suara yang sulit dicapai oleh snare drum konvensional. Cocok untuk drummer yang ingin menciptakan suara eksperimental dan inovatif.

Baca juga Manfaat Ekstrakulikuler Drumband di Sekolah

5. Snare Drum Elektronik

Snare drum elektronik memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan suara. Sering digunakan dalam musik elektronik dan hip-hop, drum ini dapat menghasilkan beragam suara yang dapat diprogram dan dikendalikan melalui perangkat lunak digital serta kontrol MIDI. Cocok bagi drummer yang ingin merambah ke dunia drumming modern dan menciptakan suara yang berbeda.

Dalam memilih snare drum yang tepat, drummer perlu mempertimbangkan genre musik yang dimainkan, gaya bermain, dan preferensi pribadi. Snare drum kayu untuk sentuhan klasik, snare drum logam untuk kekuatan, snare drum piccolo untuk kejelasan, snare drum hybrid untuk eksplorasi suara, dan snare drum elektronik untuk kemodernan. Pilihlah yang sesuai dengan gaya musikmu dan berikan sentuhan personal pada set drum!

Tags: