Cara Merawat Drumband

jualalatdrumband-164

Merawat drumband mungkin menjadi sesuatu yang sulit bagi mereka yang tidak tahu tips-tips cara merawat peralatan drumband. Merawat peralatan drumband menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menjaga peralatan tersebut tetap dalam kualitas terbaiknya dan juga agar peralatan tersebut tetap awet. Perlu ketepatan dan ketelitian didalam merawat alat drumband ataupun marching band supaya tetap terjaga kualitas dan keawetannya.

Dibawah ini kami sampaikan mengenai beberapa cara merawat peralatan drumband maupun marchingband. Berikut cara untuk merawat peralatan drumband baik bagi sekolah, komunitas atau instansi lainnya.

  • Membuat lemari penyimpanan. Jangan menyimpan perelatan drumband dengan cara ditumpuk dan posisi yang secara langsung bersentuhan dengan lantai yang cenderung memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, sebab itu akan membuat peralatan mudah rusak. Maka ada baiknya dibuat lemari atau rak-rak khusus untuk menyimpan peralatan drumband seperti snare, tenor, bas, tom, dan marchingbell. Untuk marchingbell memiliki beberapa jenis diantaranya akan kami ulas diartikel tentang jenis marchingbell.
  • Simpan dalam keadaan kering. Sebab peralatan drumband ataupun marchingband sangatlah rentan terhadap air, jadi akan lebih baik untuk memastikan alat tersebut telah tersimpan dalam keadaan kering untuk merawat drumband tetap awet. Apabila peralatan drumband baru saja digunakan dalam kondisi kehujanan, keringkan peralatan tersebut sebelum menyimpannya.
  • Bersihkan secara rutin. Perawatan yang senantiasa wajib dilakukan ialah membersihkan peralatan drumband secara rutin supaya peralatan drumband selalu dalam keadaan bersih dan bebas debu. Bersihkan dengan mengelap bodi alat drumband , membran atau head serta ringnya dengan kain yang
  • Steam alat drumband secara rutin. Sebab dengan melakukan penyeteaman alat secara rutin akan sangat mempengaruhi keawetan bagian membran dalam peralatan drumband. Melakukan steam secara rutin akan mencegah terjadinya sobek saat membran dipukul.

Dengan kalian melakukan beberapa tips cara perawatan peralatan drumband  tersebut secara rutin, diharapakan peralatan drumband bisa berada dalam kondisi yang awet dan siap sedia untuk digunakan kapan saja. Kuncinya ialah melakukan perawatan peralatan drumband secara rutin serta pengecekan kembali sebelum disimpan maupun sebelum digunakan untuk melihat apakah ada masalah dengan peralatan drumband yang ada. Terakhir, apabila kalian tidak ingin membuang uang terlalu banyak untuk melakukan perbaikan peralatan drumband, wajib hukumnya untuk secara rutin merawat drumband.

Tags: