Alasan Mengapa Mengikuti Marching Band Itu Penting

Jual alat drumband – Marching Band, sebuah kegiatan yang mungkin bagi sebagian orang hanya dianggap sebagai hobi atau kegiatan ekstrakurikuler biasa. Namun, siapa sangka jika kegiatan ini memiliki banyak manfaat dan nilai yang dapat membantu perkembangan individu, baik secara pribadi maupun sosial.

Marching Band adalah sebuah kegiatan yang melibatkan musik dan gerakan, dimana setiap anggota diharapkan untuk dapat bermain musik sambil bergerak dan berjalan sesuai dengan formasi yang telah ditentukan. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan kemampuan bermain musik, tetapi juga kemampuan fisik, kerjasama tim, dan disiplin.

Banyak orang yang bergabung dengan Marching Band karena minat dan cinta mereka terhadap musik. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka menyadari bahwa Marching Band bukan hanya tentang bermain musik, tetapi juga tentang belajar, berkembang, dan berkontribusi dalam sebuah tim.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa bergabung dengan marching band bisa menjadi pilihan yang baik

 

1. Berkesenian sekaligus berolahraga

Bermain musik dan menari dalam sebuah opera lapangan membutuhkan mental dan ketahanan fisik yang baik. Hal ini hanya akan dicapai dengan latihan fisik yang baik dan benar. Dengan demikian, anggota marching band tidak hanya berkesenian, tetapi juga berolahraga.

 

2. Seni kolaboratif

Dalam sebuah opera lapangan, tidak hanya musik dan tari yang menjadi unsur penting dalam pertunjukan. Termasuk juga bidang teater, tentang bagaimana bisa membuat teaterikal yang baik untuk menyajikan tema dan cerita tertentu dalam opera di lapangan. Oleh karena itu, marching band adalah seni kolaboratif yang melibatkan berbagai disiplin ilmu.

 

3. Mengasah Keterampilan Bermusik

Bergabung dengan tim Marching Band kampus dapat meningkatkan keterampilan musik seseorang. Dalam marching band, Anda akan belajar berbagai teknik bermain alat musik dan membaca not musik.

 

4. Melatih Kerja Sama Tim

Marching Band adalah kegiatan yang melibatkan banyak orang. Setiap orang tentu memiliki pribadi yang berbeda-beda. Di sinilah kamu dilatih untuk meredam ego dan memahami karakter teman kamu agar kalian bisa bekerja sama dengan baik.

 

5. Melatih Disiplin

Menjadi anggota marching band membutuhkan disiplin yang tinggi. Mulai dari disiplin waktu, disiplin dalam berlatih, hingga disiplin dalam menjaga alat musik.

 

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Marching Band juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri. Dengan berlatih dan tampil di depan banyak orang, Anda akan belajar untuk lebih percaya diri.

 

7. Sebagai Wahana Aktualisasi diri

Marching Band dapat menjadi wahana untuk menyalurkan minat dan bakat. Jika Anda memiliki minat dalam musik dan seni, maka marching band adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan minat dan bakat tersebut.

 

8. Membentuk Kesehatan dan Kebugaran

Latihan fisik yang intensif dalam Marching Band dapat membantu membentuk kesehatan dan kebugaran. Anda akan melakukan berbagai latihan fisik yang dapat membantu meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh.

Baca juga Pengertian, Manfaat dan Jenis Alat Musik pada Marching Band

9. Mengajarkan Kepemimpinan (Leadership)

Marching Band juga dapat menjadi tempat untuk belajar kepemimpinan. Sebagai anggota marching band, Anda akan diberi kesempatan untuk memimpin dan mengambil keputusan.

 

10. Menjunjung Tinggi Kesetiaan (Loyalty)

Kesetiaan dan komitmen juga diajarkan dalam kegiatan Marching Band. Sebagai anggota marching band, Anda diharapkan untuk setia dan berkomitmen terhadap tim.

Jadi, jika kamu memiliki minat dalam musik dan seni, serta ingin mengembangkan keterampilan lain seperti kerja sama tim dan disiplin, bergabung dengan marching band bisa menjadi pilihan yang baik. Marching band bukan hanya tentang bermain musik, tetapi juga tentang belajar, berkembang, dan berkontribusi dalam sebuah tim.

Tags: